Selamat Datang

Selamat Bergabung

Rabu, 02 Maret 2011

HUBUNGAN SISTEM REKRUTMEN GURU DENGAN PRESTASI SEKOLAH

BAB 1
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Pendidikan adalah sesuatu yang mutlak harus ada dan harus dipenuhi dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat. Penyelenggaraan pendidikan harus bertumpu pada pemberdayaan semua komponen masyarakat melalui peran sertanya dalam menyelenggarakan dan mengendalikan mutu layanan pendidikan. Karena pendidikanlah yang merupakan jembatan menuju perwujudan manusia Indonesia sebagaimana yang diharapkan. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mengalami perkembangan sangat pesat, sehingga banyak terjadi dihampir semua aspek kehidupan, banyak permasalahan datang dan terkadang hanya dapat dipecahkan dengan upaya penguasaan dan peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain bermanfaat bagi kehidupan manusia, perubahan tersebut juga membawa manusia kedalam era persaingan global, sehingga kita perlu mengembangkan dan meningkatkan sumber daya manusia.
Tenaga pendidikan (guru) merupakan sesuatu hal penting yang harus mendapat perhatian serius dari semua elemen bangsa. Tinggi rendahnya SDM suatu bangsa sangat ditentukan oleh tenaga pendidikan (guru) yang ada pada Negara tersebut.
Begitu besar peran guru dalam menyiapkan manusia-manusia masa depan dalam meningkatkan kemajuan suatu bangsa, namun perlu kita sadari bahwa dalam menyiapkan kader-kader bangsa yang unggul tidaklah dapat dilakukan dengan baik jika mutu tenaga pendidikan (guru) yang kurang bermutu. Maka dari itu terjadi tuntutan yang besar, terutama bagi Kepala Sekolah dan Guru untuk mewujudkan mutu pendidikan yang mampu mencetak generasi masa depan yang unggul dan mampu bersaing dalam persaingan global seperti sekarang ini.[1]
Namun ada yang memprihatinkan, hingga kini mutu tenaga pendidikan di Indonesia masih belum memenuhi apa yang kita harapkan bersama. Bahkan banyak pendidikan yang mutu gurunya masih berada dibawah standart dan dilaksanakan dengan manajemen ala kadarnya, karena beberapa faktor, antara lain: Minimnya biaya, Kepala Sekolah dan Guru kurang berkompeten, sarana-prasarana yang kurang memadai, serta sebab-sebab lain yang menjadi batu sandung bagi lembaga pendidikan untuk melangkah menuju kegiatan belajar mengajar lebih maju.[2]
Sehubungan dengan pentingnya guru seperti yang diharapkan diatas, maka satu hal yang tidak boleh kita lupakan adalah bagaimana supaya sebuah sekolah bisa mendapatkan tenaga pengajar seperti yang diharapkan diatas, dengan kata kata lain adalah sistem rekrutmen tenaga pengajar itu sendiri.
Melihat realitas dan fenomena bahwa begitu vital dan strategisnya peran guru dalam menentukan maju mundurnya mutu sebuah pendidikan, maka peneliti mengambil judul penelitian tentang “Hubungan Sistem Rekrutmen Guru dengan Prestasi Sekolah” dengan studi kasus di MTs. Sabiilal-Haq yang beralamat di JL. Raya Kapong, Kec. Batumarmar, Kab. Pamekasan tahun ajaran 2010/2011. Agar titik vital dan strategis dari seorang guru dapat berfungsi dengan maksimal dalam rangka mewujudkan pendidikan yang bermutu tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar