Selamat Datang

Selamat Bergabung

Rabu, 06 April 2011

Istilah-istilah Islam


v  .ISLAM MODERNIS
            Modernis berasal dari kata modernity yang berarti sesuatu yang modern, atau menurut kamus Ilmiah modernis berarti seorang pencetus ide-ide modern. Menurut Ginanjar Karta Sasmita menjelaskan dalam tulisannya modernis adalah kemajuaan beradaban suatu wilayah atau Negara yang di dorong oleh IPTEK dank Sosial jadi sebenarnya modernis dalam  agama Islam tidak ada, karna modernis berasal atau lahir dari kaum Gereja yang terkekang sehingga munculah ide-ide baru yang ingin merubah Bibel, yang mana perubahan yang diinginkan kaum Gereja meliputu segala Asper kehidupan bahkan ajaran agama itu sendiri. Sedangkan dalam Islam hanya mngenal Tajdid yang tidak merubah prinsip-prinsip dasar  agama islam, adapun Modernis yang kita pahami hanya sebatas  perkembangan IPTEK.
v  ISLAM RASIONAL
Rasional dalm Islam adalah sebuah keharusan karna banyak Ayat-ayat dalam Al-qur’an yang memerintahkan kepada hambanya untuk berfikir kritis tidak taqlid buta dalam memahami Islam, sedangkan Kata Islam Rasional sering dipakai oleh kaum Islam Liberal yang mana mereka mencoba mengotak-atik dan merasionlkan wahyu. 
v  . ISLAM LIBERAL
            Islam Liberal dalam pandangan Islam adalah gabungan dua kata yang memiliki makna dan arti yang jauh berbada. Kata Liberal berarti kebebasan dalam segala aspek kehidupan, sedangkan kata islam sendiri adalah ketundukan atau kepatuhan dalah segala aspek kehidupan, adapun Islam hanya mengenal Ihtiar sebagai kebebasan yang memiliki aturan.
v  ISLAM FUDAMENTAL
            Fudamentalis dalam kamus Ilmiah adalh seseorang yang berpegang teguh dalam agama, dalam islam adalah sebuah keharusan dalam menjalankan pokok dasar ajaran Islam, adapun Islam fundamentalis adalah kecaman bagi orang –orang liberal kepada umat Islam yang masih di anggap esktrim dalam mempertahankan nilai-nilai dasar ajaran Islam.
v  .ISLAM HUMANIS
            Islam adalah agama rahmatalil alamin yang membawa kaselamatan seluruh manusia, adapun humanis yang disisipkan dalam kata islam adalah sebuah sarana untuk mem-pluraliskan pemahaman umat islam untuk menerima dan mengakui seluruh agama
v  ISLAM ESKLUUSIF
            Islam esklusif adalah sebuah sikap keter-tutupan dalam hal  Aqidah yang mana sebagai pondasi dasar dalam berislam yang kaffah, dan adapun predikat islam esklusif yang di keluarkan oleh kaum liberal adalah ingin mencoba membongkar kemurnian serta keyakinan umat islam.
v  . ISLAM INKLUSIF PLURALIS
            Islam Inklusif adalah sebuah keterbukaan yang harus dimiliki umat Islam kepada non-muslim dalam hal muamalah dan sosial tidak bertarap pada keterbukaan ajaran yang mendasar, adapun sebutan islam inklusif adalah sebagai stegma kaum pluralis agar umat islam memiliki jiwa terbuka dalam seluruh aspek.
v  ISLAM TRADISONAL
            Islam tradisional adalah sebutan bagi umat islam yang masih eksis mengamalkan ajaran islam tetapi pandangan para kaum liberal tidak segan yang menganggab bahwa ajaran umat Islam adalah sebuah tradisi arab yang di adobsi oleh ajaran Islam, ini anggaban bagi orang-orang liberal .
v  ISLAM INTEGRAL
            Islam integral adalah sebuah penggabungan atau perpaduaan antara beberapa aspek, yang menjadikan keseimbangan antara emosioanal dan sepiritual yang menjadiakan muslim yang kafah dalam menjalankan tugas sebagai kholifah di bumi.
v  . ISLAM IDEAL
            Islam adalah agama yang ideal, kata ini sebenarnya patut disandang oleh islam yang mana ajaran islam menjamin kebahagiaan kehidupan dunia dan ahirat jika manusia itu menjalankan aturan yang telah di tentukan oleh ajaran islam.adapun ideal persi kaum sekuler ialah menerima apa saja hal-hal yang baru yang dapat membawa perobahan.
v  ISLAM INTERPRETATIF
            Interpreretatif menurut kamus ilmiah adalah sebuah penafsiran yang mana orng liberal menganggap wahyu ini tidak murni yang mana al-quran ini adalah panafsiran dari generasi Usmani, sehingga kaum islam liberal mencoba menafsirkan wahyu dengan hermatika yang sebenarnya hanya untuk menafsirkan Beble.
v  ISLAM KRITIS
            Islam kritis adalah bahasa atau istilah yang digunakan oleh kaaum liberal, yang mencoba meragukan keyakinan umat islam atas al-quran, mereka mencoba mencari cela bahwa wahyu ini harus di sesuaikan dengan kondisi yang ada,bahakan mereka mengadakan rekontruksi wahyu, dengan beberapa jalan yang tidak di benarkan islam
v  ISLAM REVIVALIS
            Islam revivalis adalah pandangan Islam yang menagajarkan keharusan menilik kembali sejarah Islam meliputi faktor Internal dan faktor eksternal.  

v  ISLAM NORMATIF.
            Islam normative adalah seseorang yang hanya berpegang pada al-quran dan hadist
Yang mana sebutan istilah bagi seorang muslim yang konsisten pada ajaran islam. 
            Argumen istilah-istilah di atas mimiliki kerancuan makna, sehingga pradigma seorang muslim mengalami kebingungan dalam memahami islam.sebab kata Islam sendiri tidak bisa di jadikan satu antara kata LIBERAL dan ISLAM karena akan mengalami kerancuan dalam memahami. Tujuan dari istilah –istilah diatas adalah untuk menjebak umat islam agar mau mengunakannya dan dapat menerapkannya dalam ajaran umat islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar